Tuesday, April 4

Sade Village - A Unique Village from Lombok

Dari sewaktu masih kecil, saya penasaran banget sama desa ini. Alhamdulillah, ada rezekinya berkunjung ke desa ini. Desa Sade berlokasi di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. 

Desa yang dihuni oleh suku Sasak ini masih mempertahankan kebiasaan turun-temurun. Yakni mengepel rumah mereka dengan kotoran kerbau. Iya, kalian gak salah baca kok. Beneran pakai kotoran kerbau. Yang bikin saya heran sewaktu memasuki rumah mereka, ga ada tercium bau kotoran sama sekali. Aneh tapi nyata memang! 

Si Ibu pemilik rumah bilang justru dengan mengepel/melapisi rumah mereka dengan kotoran kerbau ini membuat rumah menjadi kuat tahan dari retak-an. Entah itu saran darimana, tapi faktanya memang seperti itu. Disini kita juga bisa minta diajari menenun kain tradisional. Mereka dengan senang hati mau mengajari. Tapinya, tau diri juga sih jangan makan waktu terlalu lama hahahaha kalau begitu sih sekalian aja bayar kaya les private. 


Salahsatu mata pencaharian penduduk desa Sade jelas sekali pasti kerajinan. Mulai dari kain etnik yang dibandrol dari harga Rp 50.000 sampai jutaan rupiah. Kemudian, gelang, peci, gantungan kunci, baju suku Sasak sendiri dan sebagainya. Saya hampir kalap liat kain-kainnya! Abisnya, bagusss semua sih :)






Teras rumah di desa Sade, yang semuanya dilapisi oleh "kotoran" kerbau

Di dalam rumah desa Sade








sonia sabrina

No comments:

Post a Comment